Februari 23, 2024

Yayu Unru, Aktor Peraih Piala Citra Meninggal Dunia

3 min read
yuyu unru meninggal

Yayu Unru meninggal dunia pada hari ini, Jumat (8/12). Aktor tersebut mengembuskan napas terakhir di usia 61 tahun. Kabar ini dibagikan lewat pesan singkat yang tersebar. Dalam pesan tersebut, Yayu Unru dinyatakan meninggal dunia pada pukul 07.05 WIB. “Telah Berpulang ke Rahmatullah Jum’at jam 07:05 Almarhum Andi Wahyudfin Unru Bin Andi Unru,” tulis pesan tersebut.

Yayu Unru disemayamkan di rumahnya yang berada di kawasan Kayu Putih Utara, Pulo Gadung, Jakarta Timur. Selain itu, sesama rekan aktor Teuku Rifnu Wikana juga membagikan kabar duka tersebut lewat media sosial. “Innalillahi wainnailaihi roji’un. Telah kembali ke pangkuanNya guru kami, abang kami, saudara kami @yayuunru,” tulis Teuku Rifnu lewat Instagram Story.

“Beliau orang baik, sejatinya di dunia teater dan film banyak membawa kebajikan. Semoga Allah menempatkan beliau di sisiNya. Selamat jalan bang,” tutupnya dengan diselingi doa bagi mendiang sang aktor.

Aktor bernama lengkap Andi Wahyuddin Unru itu lahir di Makassar, 4 Juni 1962. Ia mendapat nama Andi yang merupakan gelar kehormatan bagi bangsawan Bugis. Yayu mengawali kariernya dengan membintangi film Demam Tari (1985). Film itu diarahkan Nawi Ismail yang juga dikenal lewat sederet film Benyamin S. Namun, karier Yayu tak kunjung merekah dalam periode 1990-an. Ia nyaris tidak pernah ikut dalam proyek film hingga sinetron pada medio tersebut.

Jenazah Yayu Unru Disemayamkan di Pulo Gadung

Aktor senior Yayu Unru meninggal dunia pada hari ini, Jumat (8/12) di usia 61 tahun. Kabar itu dikonfirmasi pihak keluarga dalam pesan yang diterima awak media, hingga pengumuman dari kerabat sesama aktor. Dalam pesan itu, jenazah Yayu Unru disebut akan disemayamkan terlebih dahulu di rumah duka di kawasan Pulo Gadung, Jakarta Timur.

“Telah berpulang ke Rahmatullah Jumat jam 07.05 WIB almarhum Andi Wahyuddin Unru Bin Andi Unru,” tulis pesan dari pihak keluarga. “Alamat duka Jl. Kayu Putih Utara C Nomor 5, RT 010/RW 08 Kecamatan Pulo Gadung, Jakarta Timur,” bunyi pesan tersebut. Kabar tersebut sebelumnya juga dibagikan oleh aktor Teuku Rifnu Wikana. Dalam pengumuman di media sosial, ia membagikan informasi bahwa bintang The Last of Us itu telah meninggal dunia.

Rifnu Wikana juga menyebut Yayu Unru sebagai sosok yang banyak berjasa di dunia teater dan film. Ia kemudian mendoakan supaya sang aktor dapat diterima di sisi-Nya. “Innalillahi wainnailaihi roji’un. Telah kembali ke pangkuanNya guru kami, abang kami, saudara kami @yayuunru,” tulis Teuku Rifnu lewat Instagram Story. “Beliau orang baik, sejatinya di dunia teater dan film banyak membawa kebajikan. Semoga Allah menempatkan beliau di sisiNya. Selamat jalan bang,” tutupnya dengan diselingi doa bagi mendiang sang aktor.

Baca Juga : Kasus Covid-19 Meningkat Lagi, Ini Anjuran IDI…

Kabar meninggalnya Yayu Unru ini hanya berselang beberapa hari setelah aktor itu mengalami serangan jantung. Setelah serangan jantung pertama, ia dilarikan ke rumah sakit. Keesokan harinya, Yayu mengalami serangan jantung yang kedua sebelum menjalani operasi pemasangan ring jantung. Operasi pemasangan ring pun berhasil dilakukan di hari yang sama setelah mengalami serangan jantung yang kedua. Setelah itu, Yayu dirawat secara intensif di rumah sakit.

Yayu Unru melakoni debut akting kala bermain dalam film Demam Tari (1985). Namun, karier layar lebarnya baru merekah ketika era 2000-an. Aktor kelahiran 1962 itu rutin membintangi berbagai film pada era tersebut, mulai dari Mengaku Rasul (2008), Sang Pemimpi (2009), Rindu Purnama (2011), hingga Sang Penari (2011).

Ia kerap membintangi film sebagai pemeran pendukung, seperti Tabula Rasa (2014), Night Bus (2017), Posesif (2017), hingga Love for Sale 2 (2019). Yayu Unru juga pernah menjadi bintang tamu dalam serial Hollywood The Last of Us (2023). Ia muncul sebagai militer di episode kedua bersama Christine Hakim yang berperan sebagai ilmuwan.

Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.
error: Content is protected !!