Mei 23, 2024

Seluruh Warga Direlokasi, Menteri PUPR Basuki: Gunung Ruang Jadi Wilayah Konservasi

2 min read

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono menyampaikan, Presiden Joko Widodo atau Jokowi udah menyetujui relokasi semua masyarakat Pulau Ruang, imbas bencana erupsi Gunung Ruang. Nantinya, daerah selanjutnya bakal seutuhnya menjadi kawasan konservasi.

“Ya relokasinya itu kalau yang ini tadi berbicara perihal ruang dan Tanah Toraja. Khusus untuk PU, di Gunung Ruang karena sudi dikosongkan yang diprioritaskan adalah relokasi ada 301 KK yang kudu direlokasi. Tanahnya udah ada, sekarang ulang diperiksa oleh Pak AHY,” tutur Basuki di Komplek Istana Kepresidenan, Jakarta, Jumat (3/5/2024).

Kemudian kita miliki RISHA (Rumah Instan Sederhana Sehat ) di Manado udah ada 100, tinggal nanti 210 kita bakal kirim berasal dari Surabaya,” sambungnya.

Menurut Basuki, lokasi relokasi yang di sediakan pemerintah untuk masyarakat Pulau Ruang ada di Kabupaten Bolaang Mongondow, Sulawesi Utara. Seluruh pembangunan rumah tinggal dan infrastruktur pun ditunaikan secara baru.

“Permanen, karena di Gunung Raung itu kudu kosong. Itu menjadi lokasi konservasi,” menyadari dia.

Basuki mengatakan, Rumah Instan Sederhana Sehat (RISHA) yang bakal di sediakan link spaceman untuk masyarakat Pulau Ruang disiapkan secara cepat dengan mengambil alih stok berasal dari Medan, Jakarta, Surabaya, dan Manado.

“Iya rumah yang biasa, kayak di Cianjur itu. Cepat bangunnya,” Basuki menandaskan.

Presiden Joko Widodo atau Jokowi sebelumnya memerintahkan jajarannya untuk bergerak cepat dalam mengatasi bencana erupsi Gunung Ruang di Kabupaten Kepulauan Sitaro, Sulawesi Utara. Seluruh perlindungan dan perbaikan sarana kudu maksimal disalurkan bagi para korban.

“Bapak ibu sekalian yang aku hormati, berasal dari sejak 16 April hingga 30 April udah terjadi erupsi Gunung Ruang di Sulawesi Utara yang berdampak terhadap kurang lebih 9 ribu pengungsi dan kurang lebih 12 ribu masyarakat yang kudu dievakuasi, dan juga terdapatnya penutupan bandara,” tutur Jokowi kepada wartawan, Jumat (3/5/2024).

Jokowi Perintahkan AHY Pantau Kondisi Lapangan
“Oleh karena itu, terhadap siang hari ini yang pertama kita bakal menyelesaikan urusan pengungsi, karena tata ruang yang ada mereka tidak boleh ulang ke daerah asal agar dibutuhkan relokasi untuk pemukiman yang kudu dipercepat,” sambungnya.

Jokowi mengingatkan pentingnya urusan pertanahan, juga soal rumah dan yang mengenai dengan aktivitas pekerjaan. Berdasarkan laporan, petugas udah jalankan pendataan masyarakat yang ada di lokasi.

Untuk itu, dia meminta Menteri Agraria dan Tata Ruang (ATR)/Badan Pertanahan Nasional (BPN) Agus Harimurti Yudhoyono alias AHY untuk memperhatikan situasi lapangan, juga soal perbaikan infrastruktur ke depan.

Kemudian pastikan bahwa lokasi yang dituju udah clean plus clear. Ini nanti Pak Menteri ATR lapangannya diamati betul, kemudian juga pendanaan yang dibutuhkan untuk pembangunan infrastruktur, serta juga skema perlindungan sepanjang relokasi,” ucap Jokowi.

Kemudian perihal yang paling penting, lanjut Jokowi, yaitu identifikasi beragam bangunan dan infrastruktur yang rusak akibat terdampak erupsi Gunung Ruang. “Baik itu sekolah, rumah sakit, atau pun jembatan, dan hitung anggaran yang dibutuhkan. Saya rasa itu,” kata Jokowi menandaskan.

 

Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.
error: Content is protected !!