Juni 15, 2024

Sberisikan Dengan Isu Pinjol Sampai Polemik Pajak Hiburan

4 min read

Jagat dunia maya kembali digaduhkan oleh isu utang online atau pinjol, dan kali ini terkait bersama kebijakan Institut Teknologi Bandung (ITB) yang sedia kan skema pembayaran uang kuliah bersifat cicilan dan bunga melalui platform Danacita.

Jika ditelusuri, utang online untuk pendidikan memang disajikan oleh sejumlah platform sejak fintech mulai bermunculan, bukan hanya Danacita atau PT Inclusive Finance Group. Beberapa fintech udah bekerja bersama pihak universitas untuk program tersebut.

Ada sejumlah platform yang memang fokus menambahkan layanan pembiayaan sbobet ke sektor pendidikan, lebih-lebih sebagian di antaranya menjalin kerja sama bersama 10 universitas ranking tertinggi menurut webometrics.

Daftar universitas tersebut secara berurutan berasal dari peringkat pertama yakni Universitas Indonesia (UI), Universitas Gajah Mada (UGM), Institut Teknologi Bandung (ITB), Universitas Brawijaya (UB), Universitas Airlangga (Unair), Institut Pertanian Bogor (IPB), Universitas Sebelas Maret Surakarta (UNs), Universitas Diponegoro (Undip), Institut Teknologi Sepuluh November (ITS), dan Universitas Pendidikan Indonesia (UPI).

Selain DanaCita, ada termasuk platform Cicil yang termasuk fokus di dalam layanan dana pendidikan. Dengan program cicil uang kuliah, nasabah mampu membuka utang dana pendidikan hingga Rp30 juta untuk pembiayaan uang pangkal maupun uang semester bersama tenor hingga 36 bulan.

Ulasan perihal layanan pembiayaan ke sektor pendidikan, terlebih menyangkut skema pembayaran uang kuliah tunggal (UKT) mahasiswa ITB yang mampu mengfungsikan opsi utang online melalui DanaCita, menjadi salah satu pilihan Bisnisindonesia.id, tidak cuman banyak ragam kabar ekonomi dan bisnis yang dikemas secara mendalam dan analitik tersaji

Progres program gasifikasi pembangkit listrik PT Perusahaan Listrik Negara (Persero) bersama mengganti bahan bakar diesel menjadi gas tetap belum berlangsung optimal. Keekonomian proyek disebut-sebut menjadi salah satu rintangan tidak ada investor yang berminat pada proyek gasifikasi tersebut.

Itu sebabnya, pemerintah melalui Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) dan PLN memastikan untuk merubah kiat di dalam mempercepat eksekusi proyek tersebut. Kementerian ESDM bersama Kementerian BUMN dan PLN termasuk sedang mengatur kiat yang diharapkan mampu menarik minat investor untuk terlibat di dalam program yang bertujuan menaikkan pemanfaatan energi bersih dan efisiensi pada penyediaan tenaga listrik.

Program gasifikasi tersebut dikelompokkan ke di dalam sebagian klaster di antaranya klaster Kalimantan, Sulawesi-Maluku-Huadi, Nusa Tenggara, Papua Utara, dan Papua Selatan.

Dengan merubah kiat tersebut, imbuhnya, diharapkan mampu melakukan perbaikan keekonomian proyek gasifikasi pembangkit, sehingga pada akhirnya PLN mampu segera beroleh mitra strategis.

Gaduh Pinjol Pendidikan ITB, Bagaimana Aturan Mainnya?

Terkuaknya kerja sama universitas ITB bersama pinjol DanaCita di dalam sedia kan pembayaran peminjaman uang UKT mahasiswa nampak di platform media sosial X. Dalam unggahan di account @itbfess pada Kamis (25/1/2024), misalnya, nampak selebaran brosur yang tertera Dana Cita merupakan mitra resmi berasal dari ITB dan sedia kan opsi cicilan 6 atau 12 bulan.

Di sana termasuk tercantum bahwa proses pengajuan dilaksanakan tanpa uang wajah alias down payment (DP) dan tanpa jaminan apapun. “Kami segenap civitas akademik ITB mengucapkan “SELAMAT MEMBAYAR CICILAN BESERTA BUNGANYA”,” tulis account tersebut.

Ketua Umum AFPI Entjik S. Djafar mengatakan, sejatinya kerja sama pada platform fintech bersama institusi perguruan tinggi diperbolehkan di dalam peraturan. Menurutnya, tiap tiap fintech punya kiat masing-masing di dalam mengemas produk.

Adapun untuk DanaCita, kata Entjik, merupakan produk bersifat education loan alias utang pendidikan. Kendati demikian, fintech P2P lending perlu menambahkan utang berdasarkan analisa yang pas sehingga udah terseleksi.

Kemudian, bunga yang dikenaikan tidak memberatkan mahasiswa di dalam perihal membayar uang kuliah. Berbeda kecuali mahasiswa menentukan tenor satu tahun yang dinilai akan memberatkan peminjam.

Banting Setir Emiten Komponen Otomotif

Masuknya sejumlah produsen kendaraan listrik di Indonesia menyebabkan industri komponen bergerak cepat menyongsong potensi bisnis baru ini, tak kecuali para perusahaan komponen yang udah melantai di bursa.

Emiten produsen komponen otomotif Grup Triputra milik konglomerat TP Rachmat, PT Dharma Polimetal Tbk. (DRMA) merespons positif terkait masuknya mobil listrik asal China, BYD ke pasar Indonesia.

BYD resmi meluncurkan tiga mobil listrik yakni Seal, Atto3, dan Dolphin di Tanah Air pada Kamis (18/1/2024). Dalam rencana investasinya, BYD udah punya tujuh jaringan diler hingga Januari 2024. Jumlahnya ditargekan mampu meraih 50 outlet hingga akhir 2024.

Selain itu, PT Astra Otoparts Tbk. (AUTO) termasuk sedang mengembangkan komponen kendaraan listrik. AUTO punya 55 pabrik yang tersebar di semua Indonesia, dan juga tiga pabrik yang tersebar di China dan Vietnam.

Siasat Bank Digital Demi Likuiditas Lebih Longgar

Sejumlah bank digital tetap mencatatkan likuiditas ketat tercermin berasal dari loan to deposit ratio (LDR) yang tinggi. Meskipun mereka mengusahakan untuk menggenjot raupan pendanaan berasal dari nasabah sehingga likuiditas jadi longgar.

Dalam perihal ini, LDR merupakan indikator yang tunjukkan suasana atau tingkat likuiditas perbankan. Semakin tinggi LDR bank, maka jadi ketat likuditasnya. Sebaliknya, jadi kecil LDR, maka jadi longgar likuiditas bank. Adapun, LDR yang sehat secara umum berkisar pada 78%-92%.

Sementara itu, sejumlah bank digital nyatanya mencatatkan LDR yang tinggi atau likuiditas ketat. Berdasarkan laporan keuangannya, Bank Amar mencatatkan LDR hingga level 297,72% per September 2023, naik dibandingkan LDR pada periode yang sama tahun di awalnya 158,42%.

Misalanya saja, Superbank besutan Emtek Group mencatatkan level LDR 223,81% pada September 2023, naik berasal dari level 112,74% pada periode yang sama tahun sebelumnya. Selain itu, PT Allo Bank Indonesia Tbk. (BBHI) punya LDR tinggi, yakni 149,72% per September 2023. Lalu, Bank Jago mencatatkan LDR di level 105,33% pada September 2023.

Polemik Pajak Hiburan Mulai Membelah Keberpihakan Pemerintah

Kelompok pengusaha bar mengeluhkan ada penurunan omzet 30%—40% imbas kabar kenaikan pajak hiburan 40%—75% yang diterapkan oleh pemerintah.

Komisaris Utama Black Owl, Efrat Tio menjelaskan bahwa para pelanggan mulai khawatir soal kenaikan pajak hiburan hingga menyebabkan kesangsian sementara mendambakan lakukan reservasi di barnya. Meskipun kenyataannya, ketetapan pajak terbaru itu belum diterapkan sebab tetap menuai kontroversi.

Sementara itu, pengacara sekaligus pelaku bisnis di sektor hiburan Hotman Paris pun beranggap ketetapan pajak hiburan berkisar 40%—75% itu di luar akal sehat. Dia lebih-lebih menyebut udah ada daerah yang menarik pajak ke pelaku bisnis hiburan bersama batas atas 75% berasal dari gross pendapatan.

Adapun, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan membela pengusaha sektor hiburan yang keberatan pada pajak hiburan 40%—75%.

Di segi lain, Sekretaris Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian Susiwijono Moegiarso memberikan bahwa pemerintah menghargai ketentuan pengusaha yang akan mengajukan judicial simak ke Mahkamah Konstitusi (MK) terkait kenaikan tarif pajak hiburan.

Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.
error: Content is protected !!