April 21, 2024

Presiden Terpilih Didorong Satukan Kementerian Olahraga dan Pariwisata

2 min read

Kolaborasi olahraga dan pariwisata pada Pemerintahan Jokowi dinilai sukses. Beberapa event olahraga internasional dinilai sanggup mendongkrak pariwisata Indonesia.

Beberapa di antaranya yaitu MotoGP, F1 Powerboat, hingga Piala Dunia U-17 sanggup mendongkrak devisa bagi negara. Tidak hanya itu, penduduk ketiban menguntungkan dengan penyelenggaraan ini.

Hal itu diungkapkan Peneliti Laboratorium Administrasi dan Kebijakan Publik (FISIP) sbobet login Universitas Lampung Dodi Faedlulloh. Ia melihat keberhasilan ini menjadi impuls untuk keberlanjutan untuk roda pemerintahan setelah itu untuk memadukan dua lembaga berbeda, yaitu olahraga dan pariwisata.

Dengan menyelenggarakan agenda olahraga, festival budaya dan pariwisata, Indonesia sanggup menarik khalayak global, menambah perekonomian dan tentu orientasi internasional,” kata Dodi dalam siaran persnya, Rabu (6/3/2024).

Dodi melihat melalui kolaborasi baik ini, seharusnya pemerintah menyebabkan kebijakan strategis dan proaktif dengan mentransformasikan lembaga di pemerintahan, tidak benar satunya berani menjadikan agenda publik keolahragaan dan pariwisata ini dalam kementerian tersendiri.

“Presiden terpilih layak pertimbangkan ide ini, gara-gara relasi pada olahraga dan wisata kini jauh telah berkembang bersamaan berjalannya waktu. Faktor globalisasi juga memainkan peran penting dalam pengembangan wisata olahraga,” terangnya.

Termasuk dalam reformasi birokrasi, upaya ini sebagai wujud perampingan faedah pemerintah. Sebab, penggabungan sumber energi administratif dan keuangan dalam satu kementerian sangat mungkin terciptanya type tata kelola yang lebih efisien.

Dengan demikian, redundansi dan mendorong langkah pengembangan di bidang olahraga dan pariwisata. Program-program yang di awalnya berjalan secara paralel kini sanggup diintegrasikan dengan mengajak peran serta masyarakat.

“Anak-anak muda, sebagai stakeholder dari Kemenpora selama ini sanggup dirangkul dan diberdayakan dalam industri olahraga dan pariwisata ke depan,” tambahnya.

Bisa Dorong Pertumbuhan Ekonomi
Sebab, terang Dodi, melalui energi yang dinamis dan ide-ide inovatif mereka sanggup berkontribusi pada pertumbuhan bidang olahraga dan pariwisata supaya sanggup membuka kesempatan lapangan pekerjaan bagi generasi muda dan menambah pertumbuhan ekonomi.

Dodi melihat negara di Spanyol, Kroasia, Thailand, juga Korea Selatan telah sukses memadukan kementerian olahraga dan pariwisata mereka. Negara-negara berikut mengetahui penuh keterkaitan pada olahraga dan pariwisata serta potensi gabungan keduanya untuk mendorong pertumbuhan ekonomi, pertukaran budaya, dan national branding.

“Adanya integrasi olahraga dan pariwisata dalam struktur pemerintahan sanggup menambah pengambilan kebijakan dan perencanaan strategis untuk memanfaatkan faedah ke-2 sektor secara efektif. Pemerintah kami sanggup studi dari praktik paling baik internasional ini,” tutupnya.

Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.
error: Content is protected !!