Februari 23, 2024

Makin Brutal, Geng Kriminal Ekuador Ancam Akan Eksekusi Warga Sipil Secara Acak di Jalan

1 min read

Ekuador, negara kecil di Amerika Selatan (AS) ini masuk ke di dalam krisis setelah bertahun-tahun meningkatnya pengecekan kelompok kriminal, yang gunakan pelabuhan negara itu untuk mengirimkan slot garansi kekalahan 100 saldo kembali ke AS dan Eropa.

Presiden Ekuador, Daniel Noboa sudah memberi perintah terhadap slot deposit barcode Selasa, 9 Januari 2024, untuk menetralisir geng kriminal, setelah orang-orang bersenjata menyerbu dan membebaskan tembakan di sebuah studio TV.

Dilansir dari France 24, Kamis, 11 Januari 2024, grup selanjutnya termasuk mengancam bakal mengeksekusi warga sipil dan pasukan keamanan secara acak di jalan-jalan.

Tentara Ekuador di ibukota Quito

Kurang dari dua bulan setelah menjabat, Noboa tunjukkan negaranya berada di dalam suasana konflik bersenjata internal.

Geng-geng kejahatan termasuk tunjukkan perang terhadap pemerintah, kala Noboa mengumumkan suasana darurat setelah salah satu bos narkotika paling berkuasa di Ekuador melarikan diri dari penjara, terhadap Minggu, 7 Januari 2024.

Sedikitnya 10 orang tewas di dalam serangkaian serangan yang ditunaikan oleh geng-geng tersebut, delapan di Guayaquil, dan dua dibunuh secara kejam oleh grup bersenjata di kota terdekat, Nobol.

Kerusuhan termasuk meletus di lebih dari satu penjara, di mana lebih dari seratus penjaga dan staf administrasi disandera, kata otoritas penjara SNAI.

“Ada ketakutan, anda kudu berhati-hati, melihat ke sana-sini, kalau Anda naik bus ini, apa yang bakal terjadi,” kata seorang wanita berusia 68 tahun di Quito, yang tidak idamkan disebutkan namanya.

Di kota pelabuhan Guayaquil, para penyerang yang mengenakan balaclava dan membebaskan tembakan menyerbu sebuah stasiun TV milik negara terhadap hari Selasa. Mereka menyandera lebih dari satu jurnalis dan bagian staf di dalam adegan dramatis yang disiarkan segera sebelum polisi tiba.

Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.
error: Content is protected !!