April 21, 2024

Kreatif KPPU: LPG 3 Kg Dijual Melebihi HET di Palembang

2 min read

Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) menemukan LPG bersubsidi 3 kilogram (kg) dijual diatas Harga Eceran Tertinggi (HET) di Palembang, Sumatera Selatan. Gas LPG 3 kg tersebut dijual pada kisaran Rp 17.000-18.000 per tabung di tingkat pangkalan.

Ketua KPPU M. Fanshurullah Impian menemukan, harga jual di tingkat pengecer malah dapat tembus hingga Rp 25.000 per tabung. Ini didapati jauh lebih tinggi dari HET yang ditentukan Gubernur Sumatera Selatan sebesar Rp 15.650 per tabung.

Hukum HET LPG 3 Kg
Dia membeberkan, besaran HET LPG 3 kg tertuang dalam Keputusan Gubernur Sumatera Selatan No. 821/KPTS/IV/2017 seputar HET LPG Tabung 3 kg di Provinsi Sumatera Selatan (SK Gubernur 821/2017). Fanshurullah meminta pemerintah tempat segera mengerjakan revisi besaran HET tadi.

Pasalnya, tolok ukur harga yang ditentukan pada 2017 sebelumnya belum mempertimbangkan peningkatan ekonomi di 2024 ini. Dia khawatir itu malah akan jadi aspek pengaturan harga yang tidak efektif.

\\\”KPPU melihat perlu agar dilaksanakan revisi atas SK Gubernur 821/2017, sebab telah tidak menyesuaikan dengan keadaan terakhir. Sebab untuk kawasan lain di Sumbagsel, HET telah berkisar antara Rp16.000-Rp.19.000 per tabung,\\\” kata dia.

\\\”Untuk itu, KPPU menghibau agar SK Gubernur 821/2017 direvisi agar sejajar spaceman pragmatic dengan perkembangan saat ini sehingga tidak menimbulkan dilema di lapangan,\\\” sambungnya.

Lebih lanjut, dia ikut serta meminta agar segala Kantor Kawasan KPPU di segala Indonesia untuk mengerjakan pengecekan di kawasan kerjanya. Utamanya mempertimbangkan distribusi LPG 3 kilogram berjalan dengan baik dan tidak terjadi persekongkolan dalam membatasi harga LPG tersebut di pasar.

Pola Distribusi

Sebagai info, pola suplai dan distribusi LPG di Sumatera Selatan berasal dari tanker LPG yang disimpan di Pulau Layang, kemudian didistribusikan ke LPG PSO & Non PSO serta Skidtank, lalu didistribusikan ke Agen LPG dan stasiun pengisian/pengangkutan (SPPBE).

Melewati Agen LPG ini, LPG didistribusikan ke pangkalan atau outlet LPG PSO dan dijual ke pengecer untuk dijual ke konsumen akhir adalah rumah tangga, usaha mikro, dan nelayan atau petani sasaran, serta untuk komersial dan industri. Di kawasan Sumatera Komponen Selatan (Sumbagsel) sendiri, terdapat 442 agen LPG 3kg.

Selama ini penetapan HET LPG 3 kilogram dilaksanakan oleh pemerintah tempat melalui keputusan Gubernur. Untuk provinsi Sumatera Selatan, HET ditentukan oleh SK Gubernur 821/2017 yang dikeluarkan pada 29 Desember 2017.

HET terakhir ini diukur tidak mencontoh perubahan keadaan perekonomian hingga tahun 2024, sehingga dapat menciptakan dilema di lapangan dan dapat dimanfaatkan oleh pelaku usaha tertentu.

\\\”Sejajar dengan langkah pelaksanaan prioritas dan program kerja 100 hari Anggota KPPU periode 2024-2019 yang salah satunya berpusat pada sektor minyak dan gas, KPPU mengerjakan berjenis-jenis tinjauan lapangan guna menemukan potensi kompetisi usaha tidak sehat di lapangan,\\\” pungkas dia.

Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.
error: Content is protected !!