Mei 23, 2024

Dinkes berikan pelayanan kesehatan korban banjir di Konut

1 min read

Sentra Kesehatan Masyarakat (PKM) Puuwanggudu, Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Konawe Utara (Konut), Provinsi Sulawesi Tenggara memberikan pelayanan kesehatan bagi korban terdampak banjir bandang di Desa Puuwanggudu, kabupaten setempat.

Staf Bidang Kesehatan Masyarakat (Kesmas) Dinas Kesehatan Kabupaten Konawe Utara Hasmawati di Konawe Utara, Senin, mengatakan tujuan posko kesehatan didirikan untuk memberikan perawatan medis kepada korban yang mengalami gangguan spaceman slot kesehatan sebagai dampak banjir di kawasan itu.

Pelayanan Kesehatan yang dikasih berupa pemberian antibiotik untuk infeksi, obat anti-inflamasi untuk peradangan dan obat-obatan lainnya, termasuk pemeriksaan darah.

“Ada bermacam variasi obat yang dikasih, seperti obat jamur, demam, gatal-gatal, diare, batuk, dan flu. Obat yang dikasih disesuaikan dengan hasil pemeriksaan kesehatan,” katanya.

Hasmawati menyebutkan puluhan warga Desa Puuwanggudu, Kecamatan Asera setiap hari datang di pos layanan kesehatan. Mereka didominasi oleh warga lanjut usia (lansia).

“Lansia yang periksa dan berobat sebanyak 45 orang, remaja dua orang, dan balita satu orang,” kata Hasmawati.

Salah seorang warga Desa Puuwanggudu, Radius mengaku terbantu dengan adanya pos layanan kesehatan tersebut. Warga yang terdampak banjir memanfaatkan pelayanan tersebut sebaik mungkin dalam mengecek situasi kesehatan.

“Saya tadi cek situasi tekanan darah, ternyata akibatnya kurang normal. Mungkin dampak begadang dan capek selamatkan barang rumah tangga yang kena banjir,” katanya.

Dengan adanya tim posko layanan kesehatan ini, korban terdampak banjir di Desa Puuwanggudu semoga bisa menolong mengurangi gejala dan memberikan pengobatan yang pas, sehingga problem kesehatan bisa teratasi.

Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.
error: Content is protected !!