Juni 15, 2024

Dari BI: Ekonomi RI Bendung Berdaya Di Tingginya Tak Pastian Global

1 min read

Gubernur Bank Indonesia (BI) Perry Warjiyo mengatakan ekonomi Indonesia konsisten berdaya bendung pada periode tingginya ketidakpastian global.

Hal hal yang demikian terefleksi dari pertumbuhan ekonomi triwulan I-2024 tercatat 5,11 persen secara year on year (yoy), meningkat diperbandingkan dengan pertumbuhan pada triwulan sebelumnya sebesar 5,04 persen (yoy).

“Perkembangan ini ditunjang oleh permintaan domestik,” kata Perry dalam konferensi pers Hasil Rapat Dewan Gubernur BI Bulan Mei 2024 di Jakarta, Rabu.

Permintaan domestik hal yang demikian berupa konsumsi swasta dan pemerintah yang membaik, ditunjang oleh dampak positif proses Pemilu 2024 dan hari libur nasional berkaitan dengan Hari Besar Keagamaan Nasional

Dia juga menuturkan investasi tumbuh baik, lebih-lebih ditopang oleh investasi mahjong ways 2 bangunan seiring berlanjutnya pembangunan infrastruktur.

Sementara itu, lanjut Perry, ekspor melambat paralel dengan masih lemahnya permintaan dari mitra dagang utama.

Performa pertumbuhan ekonomi triwulan I-2024 juga ditunjang oleh peningkatan pertumbuhan di lapangan usaha (LU) yang berkaitan mobilitas, seperti LU perdagangan besar dan eceran, LU penyediaan akomodasi dan makan minum, serta LU kabar dan komunikasi.

Kongkret spasial, pertumbuhan ekonomi meningkat di beberapa besar kawasan. Perkembangan terbaru menampakkan kesibukan ekonomi pada triwulan II-2024 konsisten baik, sebagaimana terefleksi pada performa positif sejumlah indikator konsumsi rumah tangga dan investasi, seperti Indeks Keyakinan Konsumen, Indeks Penjualan , dan Purchasing Managers’ Index (PMI) Manufaktur.

Dengan beraneka perkembangan hal yang demikian, Perry mengatakan pertumbuhan ekonomi 2024 diprakirakan berada dalam kisaran 4,7-5,5 persen.

Bank Indonesia terus memperkuat sinergi untuk mensupport pertumbuhan ekonomi berkelanjutan, lebih-lebih dari sisi permintaan, via stimulasi kebijakan makroprudensial yang ditempuh dengan stimulasi fiskal pemerintah.

Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.
error: Content is protected !!