Juni 15, 2024

Cetak Rekor, CEO JPMorgan Jamie Dimon Kantongi Kompensasi Bayaran Rp 562 Miliar

2 min read

CEO JPMorgan Jamie Dimon udah terima paket kompensasi tahunan tertinggi pada 2023. Jamie Dimon mencatat keseluruhan gaji USD 36 juta atau kira-kira Rp 562,45 miliar (asumsi kurs dolar Amerika Serikat pada rupiah di kisaran 15.623).

Dikutip dari Yahoo Finance, ditulis Sabtu (20/1/2024), Jamie Dimon kerap kali menempati peringkat di pada nama-nama dengan bayaran tertinggi di sektor perbankan. Hal itu berkat rekor yang diraih JPMorgan pada 2023. Tren itu tampaknya tidak bakal berubah didalam waktu dekat.

Dalam pengajuan SEC yang dicermati oleh Fortune, dewan JPMorgan menyetujui kenaikan kompensasi dari USD 34,5 juta pada 2022 jadi USD 36 juta pada 2023.
Paket gaji terdiri dari gaji pokok sebesar USD 1,5 juta dan kompensasi insentif https://mypikiranrakyat.com/ variabel berbasis kinerja sebesar USD 34,5 juta. Dari kuantitas itu, USD 5 juta bakal dibayarkan secara tunai dan sisanya sebesar USD 29,5 juta diberikan didalam wujud performance sharing units (PSUs).

Performance sharing units ini sebagai wujud kompensasi saham yang merupakan alokasi saham perusahaan yang diberikan kepada manajer dan eksekutif yang diberikan hanya jika kriteria kinerja seluruh perusahaan tertentu terpenuhi layaknya target laba per saham atau earning per sharing (EPS).

“Kompensasi tahunan untuk 2023 mencerminkan pengelolaan perusahaan oleh Dimon, dengan perkembangan di seluruh lini usaha terdepan di pasar, rekor kinerja keuangan dan neraca yang kuat,” tulis dewan didalam pengajuan.

“Selain itu, perusahaan berhasil menavigasi dan mendukung klien dan pelanggannya lewat gejolak bank regional serta merampungkan akuisisi First Republic,” ia menambahkan.

Para eksekutif JPMorgan dan Jamie Dimon amat sibuk pada 2023. Selain mengarahkan perusahaan lewat keadaan inflasi dan tekanan suku bunga yang tidak stabil, runtuhnya SVB pada Maret mengancam bakal mengirimkan gelombang kejutan ke seluruh perusahaan Amerika Serikat.

Kinerja JPMorgan

Pada Mei, First Republic Bank termasuk terhuyung dan bangkrut yang merupakan korban terbesar pada waktu itu. Akan tetapi, JPMorgan mengambil alih dan mengakuisisi lebih dari satu besar aset dan seluruh simpanannya.

Pada konferensi hasil kuartal kedua pada Juli, instansi berikut melaporkan pendapatan bunga bersih (NII) berada pada rekor tertinggi naik 44% termasuk First Republic. Hal ini sebab peningkatan laba dari apa yang diperoleh bank dari utang vs apa yang dibayarkan bank berikut terkait deposito.

JPMorgan nikmati 2023 sebagai tahun yang kuat, walau ada tantangan ekonomi.

Pada pekan lalu, grup ini melaporkan laba bersih setahun penuh sebesar USD 49,6 miliar, naik 32% dari 2022, walau berlangsung perlambatan pada kuartal terakhir ketika laba bersih turun jadi USD 9,3 miliar dibandingkan dengan USD 11 miliar pada tahun sebelumnya.

Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.
error: Content is protected !!