Mei 23, 2024

Cara Menjaga Kesehatan Tubuh Agar Terhindar dari Penyakit

3 min read
Cara Menjaga Kesehatan Tubuh Agar Terhindar dari Penyakit

Mengubah pola hidup jadi lebih sehat merupakan cara melindungi kesegaran tubuh yang disarankan

1. Konsumsi makanan sehat

Anda direkomendasikan untuk mengonsumsi makanan sehat setiap hari, juga makanan yang mempunyai kandungan protein, karbohidrat, lemak, vitamin dan mineral. Sebagai sumber protein, Anda dapat mengonsumsi daging tanpa lemak, susu, product olahan susu, telur, aneka type ikan laut, dan ikan air tawar. Sementara untuk mencukupi keperluan karbohidrat, Anda dapat memperolehnya dari nasi merah, oat, quinoa, dan roti gandum.

Konsumsilah aneka type sayuran, seperti asparagus, brokoli, wortel, kembang kol, kale, mentimun, kubis, lobak, jamur, labu, terong, aneka type kacang-kacangan, dan juga paprika. Sayuran mempunyai kandungan berbagai macam vitamin dan nutrisi yang diperlukan tubuh. Selain sayuran, aneka type buah juga benar-benar baik untuk kesehatan, seperti apel, alpukat, pisang, blueberry, jeruk, strawberry, kiwi, mangga, lemon, nanas, pir dan anggur. Buah-buahan ini juga benar-benar baik bagi Anda yang tengah menjalani diet.

2. Olahraga secara rutin

Cara melindungi kesegaran tubuh berikutnya adalah tetap aktif bergerak dan teratur berolahraga. Olahraga tak hanya baik untuk kesehatan, namun juga dapat menghindar dan mengelola kasus kesegaran yang diderita, seperti stroke, diabetes, depresi, tekanan darah tinggi, osteoporosis, radang sendi, hingga kanker.

Untuk memperoleh berbagai macam fungsi olahraga tersebut, direkomendasikan untuk berolahraga sepanjang 150 menit dalam seminggu. Atau luangkan saat sepanjang 20-30 menit setiap harinya untuk berolahraga.

3. Jaga berat badan ideal

Kelebihan berat badan dapat meningkatkan risiko berbagai type penyakit. Penyakit seperti tekanan darah tinggi, kolesterol, diabetes type 2, penyakit jantung, stroke, dan kanker, rentan untuk diderita penderita obesitas atau kelebihan berat badan. Untuk mengontrol berat badan, Anda dapat melaksanakan kontrol indeks era tubuh (IMT).

4. Berhenti merokok

Bagi perokok, direkomendasikan untuk menghentikan formalitas merokok sedini mungkin. Rokok dapat membahayakan kesegaran Anda. Selain formalitas merokok, hentikan pula formalitas mengonsumsi minuman beralkohol demi kesegaran tubuh.

5. Suplementasi bagi orang yang memiliki high-risk disease

Jika Anda telah memiliki high risk-disease, seperti diabetes, penyakit jantung, atau penyakit paru kronis, mengonsumsi suplemen tertentu dapat memperbaiki suasana kesegaran dan memperkuat sistem imun Anda, menghindar komplikasi, dan juga melindungi Anda dari penyakit infeksi. Hal ini berkat senyawa antioksidan yang banyak ditemukan pada suplemen, seandainya astaxanthin.

Astaxanthin alami diketahui dapat menangkal pengaruh radikal bebas berlebih yang dapat merusak jaringan tubuh Anda, juga jaringan kulit dan organ dalam. Tak hanya itu, kekuatan astaxanthin dalam menangkal radikal bebas juga dapat menolong pelihara kesegaran jantung dan pembuluh darah.

6. Lindungi kulit Anda

Anda direkomendasikan untuk memanfaatkan tabir surya, sehingga kulit terlindungi bersama baik. Selain itu, memanfaatkan pakaian berlengan panjang atau topi bertepi lebar saat beraktivitas di luar ruangan, sehingga kulit tetap terlindungi, gara-gara paparan cahaya matahari dalam jangka panjang tak hanya memicu kulit terbakar, namun juga dapat meningkatkan risiko penuan dini dan kanker kulit.

BACA JUGA :

Profil Muhadkly Acho, Komika Tanjung Priok Dalang Agak Laen

Choi Woo Shik Sebut Drakor A Killer Paradox bak Bibimbap yang Lezat

7. Seks yang aman

Seks sehat tidak hanya beri tambahan kepuasan secara emosional saja, namun juga mempunyai fungsi bagi kesegaran tubuh. Anda yang telah aktif secara seksual perlu menghindari seks bebas atau berganti-ganti pasangan. Tujuannya sehingga terhindar dari penyakit menular seksual yang dapat membahayakan kesegaran tubuh.

Anda dapat mempraktikkan berbagai cara melindungi kesegaran tubuh di atas. Agar kesegaran tubuh tetap terpantau bersama baik, melaksanakan medical checkup secara berkala cocok bersama saran dokter. Pemeriksaan ini terlalu mungkin Anda jelas sedini kemungkinan gangguan kesegaran atau penyakit yang kemungkinan diderita. Semakin dini penyakit terdeteksi, maka akan semakin cepat pula penanganan yang dapat dilakukan.

Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.
error: Content is protected !!