Mei 23, 2024

Berapa Kadar Gula Darah Normal Setelah Makan?

2 min read
kadar gula darah

Sebagian orang terlebih pengidap diabetes barangkali dulu bertanya-tanya, berapa kadar gula darah normal setelah makan? Untuk diketahui, kandungan glukosa biasanya mengalami kenaikan setelah makan. Menu makanan yang dikonsumsi dan juga kuantitas atau porsi yang dimakan adalah segi utama kenaikan gula darah.

Selain dari makanan yang dikonsumsi, untuk menentukan kandungan gula darah yang normal setelah makan, terkandung beberapa segi lain, layaknya usia, tipe diabetes yang diderita, pemanfaatan insulin, dan status kehamilan.

Artikel ini bakal menyatakan kandungan gula darah normal setelah makan yang mesti Anda ketahui.

Berapa kadar gula darah normal setelah makan?

Memahami kandungan gula darah yang sehat setelah makan mutlak untuk mencegah diabetes dan menjaga kesegaran secara keseluruhan. Kadar glukosa normal setelah makan biasanya berkisar antara 90 sampai 140 miligram per desiliter (mg/dL) untuk orang dewasa tanpa diabetes.

Namun, kandungan gula darah normal bisa begitu banyak ragam judi bola berdasarkan segi individu layaknya usia, tipe diabetes, dan suasana tertentu. Dilansir dari HealthifyMe, berikut kandungan gula darah normal setelah makan yang mesti Anda ketahui:

  • Orang dewasa sehat yang tidak menderita diabetes: 90-140 mg/dL setelah makan.
  • Penderita diabetes: di bawah 180 mg/dL terhadap dua jam setelah makan.
  • Orang dewasa penderita diabetes yang konsumsi insulin sewaktu makan: di bawah 180 mg/dL terhadap dua jam setelah makan.
  • Orang dewasa pengidap diabetes yang tidak konsumsi insulin sewaktu makan: di bawah 140 mg/dL, dua jam setelah makan.
  • Ibu hamil bersama diabetes gestasional: di bawah 140 mg/dL setelah makan dan 120 mg/dL terhadap dua jam setelah makan.
  • Ibu hamil bersama diabetes tipe 1 atau tipe 2: di bawah 110 mg/dL satu jam setelah makan dan di bawah 100 mg/dL dua jam setelah makan.
  • Remaja di bawah 18 th. yang menderita diabetes: di bawah 200 mg/dL terhadap satu jam setelah makan dan di bawah 180 mg/dL dua jam setelah makan.

Kadar gula darah bisa mengalami kenaikan setelah makan. Namun, sebaiknya Anda bisa mengontrol pola makan agar gula darah tetap stabil.

Baca juga:

Hal Mudah Cara Mengatasi WiFi Tidak Bisa Terhubung di HP

Ini 12 Wabah Mematikan Yang Pernah Terjadi Di Dalam Sejarah

Pentingnya memantau kandungan gula darah

Setelah tahu berapa kandungan gula darah normal setelah makan, Anda sebaiknya mulai membiasakan diri untuk rutin jalankan cek glukosa di apotek, klinik, puskesmas, atau rumah sakit. Menjalani tes gula darah secara rutin bisa menolong untuk tahu risiko kenaikan atau penurunan gula darah dikarenakan beberapa faktor, andaikan pengobatan, pola makan, dan kegiatan fisik.

Ada dua tipe tes gula darah yakni tes glukosa darah kapiler dan tes glukosa darah vena. Tes darah kapiler melibatkan sampel darah (dari tusukan jari), strip tes, dan meteran glukosa (glucometer). Tes ini bakal menyatakan kandungan gula darah Anda dalam hitungan detik.

Sementara itu, tes glukosa darah vena (plasma) butuh sampel darah dari pembuluh darah yang lebih besar dan dalam (biasanya bersama suntikan di bagian lengan). Setelah tahu berapa kandungan gula darah normal setelah makan, Anda bisa berusahan mengontrol type hidup dan pola makan untuk mencegah kenaikan glukosa. Menjaga kandungan gula darah terhadap batas normal adalah perihal mutlak untuk menundukung kesehatan, terlebih bagi penderita diabetes.

Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.
error: Content is protected !!