Juli 24, 2024

5 Hal yang Perlu Diperhatikan Sebelum Membeli SSD untuk Laptop

3 min read
SSD untuk Laptop

Bagi beberapa pengguna yang memiliki kapasitas memori laptop kurang maksimal, umumnya dapat meningkatkan Solid-state drive atau SSD. SSD merupakan area menyimpanan pada computer yang menyimpan information pada chip memori flash yang mengakses satu sama lain.

Dibanding Hard Disk Drive (HDD) pengguna umumnya cenderung menentukan SSD sebagai tambahan penyimpanan atau memperluas memori perangkatnya. Kelebihan utama SSD dibandingkan HDD adalah kecepatan dan keandalannya.

Namun sebelum saat manfaatkan SSD, pengguna wajib mencermati berbagai perihal sebelum saat membelinya. Apa saja itu? Selengkapnya selanjutnya ini uraiannya.

Pilih SSD SATA atau NVMe

Sebelum belanja perhitungkan mengenai SSD SATA atau NVMe. SATA adalah singkatan dari Serial Advanced Technology Attachment, dan merupakan antarmuka lama yang digunakan beberapa SSD untuk mentransfer information dan berkomunikasi bersama komputer.

Versi tebraru SATA III tawarkan kecepatan transfer information hingga 600 MB/s. Salah satu berlebihan tipe ini adalah cocok bersama banyak motherboard dan perangkat, mudah dipasang, dan harga cenderung lebih murah.

Namun dibanding NVMe, SATA memiliki kecepatan lebih lambat. Non-Volatile Memory Express (NVMe) merupakan protolkol yang dirancang tertentu untuk SSD bersama teknologi flash. Kecepatan transfer information NVMe lebih tinggi daripaa SATA SSD, hingga 7 GB/s. Selain itu NVMe memiliki latensi lebih rendah. Dari faktor harga NVMe lebih mahal dan umumnya perlu driver khusus.

Maka dari itu menentukan cocok keperluan Anda. Anda dapat menentukan SATA SSD bila mencari opsi yang murah dan cocok bersama banyak perangkat. Sedangkan terkecuali Anda mengidamkan kecepatan transfer information yang tinggi dapat menentukan NVMe SSD.

Baca juga:

Samsung Galaxy A15 4G dan A15 5G Resmi di Indonesia, Harga mulai Rp 2 Jutaan

Terungkap! Alasan Sri Mulyani Pungut Pajak Rokok Elektrik 10%

  • Kapasitas penyimpanan

Setelah memiliki antarmuka SSD, seterusnya perhitungkan mengenai kapasitas penyimpanan yang diperlukan laptop Anda. Dilansir dari Digital Trends, penentuan kapasitas penyimpan juga terkait pada keperluan pemanfaatan Anda.

Untuk laptop yang mudah dan tipis, SSD bersama kapasitas kecil layaknya 128GB atau 256GB masih banyak digunakan. Namun, lebih baik perhitungkan kapasitas yang lebih besar, khususnya terkecuali laptop Anda adalah hanya satu area penyimpanan berbagai file perlu anda.

Misalnya, menginstal Windows 11 perlu kira-kira 30GB ruang, dan sisa 100GB dari SSD 128GB dapat cepat terisi. Sebagai petunjuk umum, dianjurkan untuk memulai mencari SSD bersama kapasitas 512GB dan tidak tidak cukup dari itu, terkecuali Anda memiliki batasan anggaran. Harga SSD 512GB memadai terjangkau, dan SSD 128GB umumnya tidak jauh berlainan di dalam harga.

Pengguna yang memiliki keperluan lebih tinggi, layaknya gamer atau yang kerap jalankan tugas berat layaknya pembuatan konten atau pengeditan video, dianjurkan untuk menentukan SSD 1TB sebagai standar terbaik. Opsi 2TB mungkin memadai penting tanpa memberatkan anggaran.

  • Daya tahan SSD

Periksa daya tahan SSD, diukur di dalam Terabyte Tertulis (TBW). Ini menunjukkan seberapa banyak information dapat ditulis ke SSD sepanjang jaman pakainya. Pilih SSD yang mencukupi keperluan tugas sehari-hari Anda.

Ketahanan dan daya tahan SSD sendiri tidak terkait pada seberapa baik dibuat, melainkan diukur bersama metrik layaknya Terabyte Tertulis (TBW) dan Waktu Rata-rata hingga Kegagalan (MTTF/MTBF).

  • Kecepatan

Selanjutnya perhitungkan mengenai kecepatan SSD. Kecepatan baca/tulis yang tinggi memicu pemanfaatan PC lebih menggembirakan bersama pas booting yang cepat, loading game yang lebih singkat, dan peluncuran program yang lebih cepat.

Maka dari itu pengguna dianjurkan untuk selamanya memeriksa lembar spesifikasi dan menargetkan kecepatan baca/tulis tertinggi yang ada untuk faktor wujud yang dipilih.

  • Harga

Harga SSD umumnya mengatur bersama kualitas dan kapasitas kecepatan SSD. Misalnya saja kecepatan baca yang lebih cepat dapat memicu pemanfaatan PC anda jadi lebih menyenangkan. Anda dapat lihat bahwa sistem dapat menyala lebih cepat, pas menanti sat game sedang di muat jadi lebih singkat, dan program dapat diluncurkan bersama lebih cepat.

Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.
error: Content is protected !!